Jumat, 07 September 2012

Diet Sehat


Diet menjadi satu hal yang patut untuk dilkukan oleh ereka yang memiliki kelebihan berat badan. Hal ini penting karena berat badan yang berlebih tidak akan baik bagi kesehatan. Terlalu beratnya badan seseorang juga akan membuat mereka sulit untuk bergerak dan pada akhirnya juga sulit untuk dapat mengenakan berbagai model pakaian. Makanan sehat untuk diet sangat diperlukan agar satu program diet tidak menjadi satu proyek yang menyiksa diri ataupun tubuh sendiri. Ada baiknya jika satu program diet diawasi oleh seorang ahli gizi ataupun seorang dokter.
Makanan sehat untuk diet tentu akan membuat tubuh menjadi sehat karena tubuh tidak kekurangan satu nutrisi apapun meskipun porsi makan telah dikurangi. Diet yang sehat pada dasarnya adalah satu program diet yang akan menyeimbangkan kalori yang dikonsumsi dan kalori yang dibutuhkan di dalam kegiatan sehari-hari. Di dalam menu makanan sehat untuk diet, terdapat begitu banyak pilihan makanan namun beberapa orang mungkin tidak menyukainya karena berbagai alasan seperti halnya alasan rasa makanan yang kurang mereka sukai.
Umumnya, makanan sehat untuk diet yang kurang disukai rasanya adalah sayur mayur. Di dalam berbagai jenis diet, makan yang dianjurkan adalah makanan yang mengandung banyak serat seperti halnya beraneka sayuran dengan aneka warnanya. Selain sayuran, produk gandum utuh, beras merah, kacang-kacangan dan juga buah-buahan menjadi pilihan yang akan melengkapi satu menu makanan sehat untuk diet. Terdapat begitu banyak variasi yang didapat dari beragam jenis makanan berserat tinggi. Namun sayuran dirasa sebagai penghalang utama bagi beberapa individu.
Menhindari makanan seperti sayuran ternyata tidak hanya dilakukan oleh anak-anak yang menghindari sayuran karena rasanya yang dirasa kurang enak. Menghindari makanan ini juga dilakukan oleh beberapa individu yang tentu sudah dewasa dan mengerti betul jika mereka butuh sayuran di dalam makanan sehat untuk diet. Hal ini tentu menjadi satu batu sandungan yang akan menghambat keberhasilan dari satu program diet. Sebaiknya, kebiasaan untuk menghindari sayuran mulai untuk dikurangi. Mulailah dengan memperbanyak makan sayuran yang disukai terlbeih dahulu.
Menambah porsi sayuran lalu secara perlahan mulai menambahkan berbagai jenis sayuran yang kurang disukai dan terus ke sayuran yang tidak disukai. Beberapa orang tidak dapat meneruskan untuk mengkonsumsi pada sayuran yang tidak mereka sukai karena pada dasarnya, terdapat alasan aneh yang ada saat memakan sayuran tertentu tersebut. Meskipun begitu, jika dapat menambahkan lebih banyak variasi sayuran dalam makanan sehat untuk diet, ini sudah cukup. Penuhi piring dengan sayuran dan kurangi jumlah makanan pembawa karbohidrat seperti halnya nasi.
Beberapa sayuran sangatlah baik untuk dikategorikan sebagai makanan sehat untuk diet. Sayuran yang termasuk di dalam kategori ini di antaranya adalah brokoli, bayam, bawang Bombay dan masih banyak lagi sayuran sehat dengan gizi lengkap. Brokoli misalnya, merupakan sayuran yang memiliki nilai gizi dan nutrisi yang tinggi. Terdapat kalsium yang lebih tinggi kandungan kalsiumnya dari susu. Vitamin C di dalam brokoli juga sangat tinggi. Terdapat masih lebih banyak kebaikan di dalam brokoli yang tentu akan sangat sayang jika dilewatkan belum lagi jumlah kalori yang rendah.
Brokoli lebih dari sekedar cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang di dalam program menurunkan berat badan. Namun di dalam menu makanan sehat untuk diet, brokoli saja tidak cukup terutama untuk memenuhi kebutuhan kalori yang dibutuhkan untuk energi sehari-hari. Setiap individu memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda, sebagian besar memilih untuk membatasi konsumsi kalori mereka sebesar 2000 kilo kalori. Hal ini tentu didapat dari mengkonsumsi makanan sehat untuk diet meskipun mereka tidak sedang dalam program diet.
Hal berikutnya yang sebaiknya juga dikonsumsi saat diet sebagai salah satu dari berbagai jenis makanan sehat untuk diet adalah buah-buahan. Konsumsi buah juga sangat dianjurkan meskipun sayuran lebih dianjurkan. Aprikot adalah jenis buah yang paling baik untuk dikonsumsi namun di sekitar kita, aprikot sulit untuk didapat. Demi mencukupi kebutuhan akan makanan sehat untuk diet, alpukat dapat dijadikan pengganti. Buah yang satu ini tidak akan sulit untuk didapatkan dan dijual dengan lebih bebas di berbagai tempat dengan berbagai variasi harga.
Alpukat tergolong sebagai makanan sehat untuk diet. Tentunya ini berlaku jika alpukat dikonsumsi dengan cara yang benar. Daging buah alpukat memang tidak terasa manis karena daging buah alpukat tidak berasa apapun selain rasa khas alpukat. Terkadang daging buah alpukat dirasa pahit. Namun daging buah alpukat ini tetap merupakan salah satu daging buah tersehat. Memakan alpukat sebaiknya tidak dengan campuran gula ataupun susu yang dicmpu dan diolah kedalam satu jus buah yang manis. Manis alami dari madu cukup ditambahkan sedikit saja saat memakan buah alpukat.
Selain buah alpukat, tomat juga sangat baik untuk kesehatan dan juga diet dan tomat sering juga digunakan sebagai salah satu bahan pelengkap satu masakan. Selain buah dan juga sayuran, produk gandum utuh, kacang-kacangan  juga akan baik sebagai pilihan makanan sehat untuk diet. Serat pada olahan gandum utuh membuatnya gandum utuh lebih sehat sebagai sumber karbohidrat. Satu porsi dari bubur gandum atau disebut juga dengan sebutan oatmeal akan lebih baik dan sehat disbanding nasi ataupun kentang. Bubur gandum tersebut dapat ditambahkan dengan kacang-kacangan seperti kacang pistachio dan ditambahkan juga dengan potongan buah seperti strawberry sebagai pemanis. Madu juga dapat digunakan sebagi pemanis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar